Cara Membuat Aquascape Murah dan Sederhana Untuk Pemula

Cara Membuat Aquascape Murah dan Sederhana Untuk Pemula - Cara Budidaya Ikan
Cara Membuat Aquascape Murah dan Sederhana Untuk Pemula
Budidaya Ikan - Bagaimana cara membuat aquascape murah dan sederhana untuk pemula ? Kami akan coba ulas langkah-langkah membuat aquascape murah dan sederhana. Untuk membuat aquascape murah dan sederhana, kita akan gunakan tanaman lokal yang murah terlebih dahulu. Tapi jika dikemudian hari Anda sudah terbiasa dan ingin menggunakan tanaman yang lebih bagus, Anda dapat menggantinya.

Langkah - Langkah Membuat Aquascape Murah dan Sederhana untuk Pemula

Bahan-bahan membuat aquascape 

  1. Tank Aquarium
  2. Pasir Malang
  3. Tanaman Air
  4. Batu Hias
  5. Filter
  6. Lampu
  7. Tabung CO2

Langkah 1

Siapkan tank aquarium dan periksa apakah ada kebocoran atau tidak. Pastikan aquarium benar-benar sudah siap pakai. Kemudian cuci pasir malang hingga bersih, agar ketika dimasukkan ke dalam akuarium dan diberi air tidak membuat air menjadi keruh. Setelah pasir bersih, masukkan pasir malang kedalam akuarium setinggi 4 - 5 cm, lalu ratakan.

Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah menata akuarium dengan tanaman air dan batu hias yang sudah Anda beli. Anda dapat menata akuarium sesuai dengan keinginan Anda, berkreasilah dengan apa yang Anda miliki. Anda juga dapat memanfaatkan ornamen kayu dan memasang beberapa lumut (javamoss atau peacock moss) ke dalam akuarium.

Langkah 3

Masukkan air kedalam akuarium secara perlahan agar tidak merusak penataan dan ornamen yang sudah terpasang sebelumnya, Isikan air hingga penuh. Kemudian pasang filter pada akuarium Anda, agar akuarium Anda terjaga kebersihannya.

Langkah 4

Langkah selanjutnya memasang instalasi CO2. CO2 atau karbon dioksida pada aquascape berfungsi agar perkembangan tanaman lebih baik dan sempurna, karena dalam proses fotosintesis tanaman membutuhkan gas CO2. Anda dapat membeli tabung CO2 di toko akuarium atau Anda dapat membuatnya sendiri.

Baca Juga Tanaman Aquascape untuk Pemula

Langkah 5

Langkah terakhir dalam membuat aquascape sederhana adalah memasang pencahayaan. Namun cahaya lampu tetap tidak dapat menggantikan sinar matahari sebagai bahan yang diperlukan tanaman untuk ber fotosintesis. Pencahayaan pada akuarium berfungsi membuat akuarium lebih hidup.

Langkah - Langkah Membuat Aquascape - Cara Budidaya Ikan Hias
Langkah - Langkah Membuat Aquascape
Terakhir, bila air sudah jernih dan didiamkan beberapa hari. Selanjutnya Anda dapat memasukkan berbagai macam ikan hias. Usahakan ikan hias yang suka bergerombol seperti ikan guppy, ikan neon tetra, ikan neon cardinal, ikan nose tetra, dan ikan congo tetra. Anda juga dapat melihat 10 jenis ikan hias air tawar untuk aquascape.


Itulah cara membuat aquascape murah dan sederhana untuk pemula yang dapat Anda coba di rumah. Artikel ini sangat membantu bagi Anda yang ingin memulai hobi Aquascape.

Aquascape Murah dan Sederhana - Cara Budidaya Ikan Hias
Aquascape Murah dan Sederhana


Post a Comment

0 Comments