Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Aquascape Indonesia - Para pecinta aquascape Indonesia, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat aquascape air terjun. Bila sebelumnya Anda belum pernah membuat aquascape, Anda dapat membaca cara membuat aquascape murah dan sederhana untuk pemula.

Bagaimana cara membuat air terjun di dalam aquarium ? Tentunya bagi Anda yang pernah melihatnya akan penasaran dan penuh dengan tanda tanya. Sebenarnya yang digunakan sebagai air terjun itu adalah pasir putih. Pasir akan terangkat keatas lalu dijatuhkan kembali sehingga membuat efek air terjun.

Baca Juga Cara Membuat Aquascape Sederhana

Aquascape Air Terjun

Aquascape Air Terjun - Budidaya Ikan
Aquascape Air Terjun
Untuk membuat air terjun didalam aquarium tidaklah terlalu rumit, bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Untuk finishing disesuaikan dengan ide dan kreatifitas Anda. Berikut bahan dan cara membuat aquascape air terjun.

Bahan-bahan Aquascape Air Terjun

 Bahan Membuat Aquascape Air Terjun - Budidaya Ikan
Bahan Membuat Aquascape Air Terjun
  1. Aerator (Pompa Udara) double output yang nanti nya digabung agar menjadi satu output saja dengan sambungan 'T'
  2. Media penutup (Untuk menutupi tubuh paralon dan tempat jatuhnya pasir, bisa terbuat dari kayu, batu, dan lain-lain. Anda dapat berkreasi sesuai imajinasi Anda
  3. Selang aerator
  4. Obeng
  5. Cutter
  6. Sambungan 'L' pipa pralon
  7. Pipa pralon diameter 1/2 inch atau 1 inch (sesuai kebutuhan). Dengan panjangnya 30 cm atau disesuaikan dengan ketinggian air terjunnya.

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

1. Pertama Anda buat celah di ujung pipa pralon dengan menggunakan cutter. Celah tersebut digunakan sebagai tempat untuk pasir masuk

cara membuat aquascape air terjun 1 - Budidaya Ikan


2. Kemudian buat lubang di bagian sudut sambungan 'L' pipa pralon. Untuk melubangi pipa pralon, gunakanlah obeng yang sudah dipanaskan. Buat lubang seukuran selang aerator.

cara membuat aquascape air terjun 2 - Budidaya Ikan


3. Langkah selanjutnya sambungkan pipa pralon dengan sambugan 'L', lalu masukkan selang aerator kedalam lubang dan tarik sampai ujung pipa paralon.

cara membuat aquascape air terjun 3 - Budidaya Ikan


4. Pasang aerator pada ujung selang dan simpan dibawah pipa paralon

cara membuat aquascape air terjun 4 - Budidaya Ikan

Baca Juga Tanaman Aquascape untuk Aquascape

5. Sebelum dimasukkan kedalam air, pastikan ujung aerator sudah sejajar dengan pipa paralon

Bahan Membuat Aquascape Air Terjun - Cara Budidaya Ikan


6. Langkah selanjutnya masukkan pipa pralon kedalam air dengan posisi ujung aerator berada di bawah. Nyalakan aerator dan perhatikan apakah air menyembur dari ujung pralon. Jika air sudah keluar berarti proses berhasil.

7. Terakhir, tempatkan ujung pralon di dasar pasir. Dengan perlahan pasir akan keluar dari ujung paralon. Agar pasir tidak berhamburan, Anda dapat buatkan wadah penampungnya agar ketika pasir turun dapat balik lagi terhisap oleh aerator.

Cara kerja aquascape air terjun - budidaya ikan
Cara Kerja Aquascape Air Terjun


Untuk menutupi pipa pralon, Anda dapat menutupinya dengan bebatuan yang disusun seperti tebing atau membuat layout air terjun sendiri. Bila Anda tertarik dengan budidaya ikan hias, Anda dapat pelajari Peluang Budidaya Ikan Hias.

Sekian tips cara membuat aquascape air terjun, sekarang Anda dapat mencobanya dirumah. Selamat Mencoba.

[Budidaya Ikan]



Post a Comment

0 Comments